Wednesday, April 20, 2016

Wow...Microsoft Memungkinkan Xbox One Bermain Bersama Pemain PS4 dan PC


Ilmu Teknologi Baru - Microsoft mengumumkan bahwa para pemain konsol Xbox One akan bisa bermain bersama-sama dengan pemain-pemain yang memainkan game dari Playstation 4 maupun dari PC! Feature Cross Network Play ini memang sudah lama digodok oleh Microsoft untuk dapat segera direalisasikan. Kini, feature tersebut siap diluncurkan.

Hal ini memberikan warna baru terhadap perang konsol (console wars) di mesin generasi terbaru ini. Perang yang terjadi antar para fanboy dari masing-masing konsol ini akan dapat dituangkan lewat games sebagaimana mestinya dan bukan hanya lewat adu mulut di forum ataupun media sosial saja. Jika sebelumnya, kebanyakan orang dihadapi dilema dalam memilih perangkat gaming pilihannya untuk di rumah, kini hal tersebut bisa dihilangkan. Biasanya orang memilih perangkat gamingnya baik itu konsol ataupun PC berdasarkan dari pergaulannya. Teman-temannya kebanyakan bermain dengan perangkat apa itulah yang dijadikan faktor memilih.

Sekarang jika antar pemain konsol bisa saling bertemu di dunia maya, tentunya kendala tersebut tidak akan jadi masalah lagi. Hanya saja, untuk benar-benar mewujudkan hal tersebut juga perlu kerja sama dari semua pihak, termasuk dari pihak Sony sebagai pembuat Playstation 4 dan para developer yang membuat gamenya. Dengan feature baru dari Microsoft ini, secara teori para pemain Xbox One lewat Xbox Live, pengguna Windows 10, dan pemain Playstation 4 lewat Playstation Network bisa bermain bersama jika game yang dimainkannya sudah mendukung feature ini.

Untuk sementara, game yang direncanakan mengusung feature ini adalah Rocket League. Game kompetitif ini memang sangat cocok untuk dijadikan proyek percontohan pertama untuk mempertemukan gamer-gamer dari masing-masing platform. Ke depannya akan lebih banyak game lagi yang diharapkan mendukung feature ini.

Meski demikian, hal ini tentunya juga akan menimbulkan problema baru. Seperti misalnya gamer PC yang selama ini diuntungkan dengan kombinasi mouse dan keyboard pada game-game berjenis FPS, bagaimana nanti saat melawan para pemain konsol yang hanya bisa mengandalkan kontroller saja?

No comments:

Post a Comment