Monday, April 25, 2016

Wow...4 Smartphone Ini Termasuk Kelas Rambo

Ilmu Teknologi Baru - Mereka memang bukan pabrikan sekelas Samsung atau Apple. Bahkan di antaranya merupakan market leader di industri alat berat dan baterai. Tetapi, empat brand ini membuat spek khusus agar smartphone lebih bernilai. Kualitas produknya dikenal cukup “badak” alias tahan banting. (*)

CATERPILLAR (CAT PHONES)
Memanfaatkan citra brand-nya yang lekat dengan kekuatan, daya tahan, juga jago menjinakkan medan berat, Caterpillar sejak tiga tahun silam mengibarkan sayap ke bisnis ponsel. Ini adalah bagian dari strategi penyediaan perangkat yang menyokong bisnis intinya, alat berat. Konsumen Cat dimanjakan dengan kelengkapan mulai sepatu, dan kini smartphone.

Tercatat telah sembilan produk ponsel dirilis dengan membawa nama Catphone. Terdiri dari tiga feature phone dan tujuh smartphone Android. Seluruhnya diselimuti dengan casing. Tahun 2015 sendiri merilis tiga seri, jagoannya adalah Cat 30.

Jika umumnya smartphone hanya membutuhkan satu atau dua sertifikasi (IP dan militer Amerika), maka Cat 30 menambah satu lagi, yaitu lolos uji drop test. Cat 30 diklaim masih tahan banting dari ketinggian 1,8 meter.

Cat 30 sendiri sebenarnya lumayan mengikuti perkembangan teknologi Android. Buktinya telah menggunakan OS Lollipop. Namun, tampaknya Cat tahu persis penggunanya bukan penganut gaya mobile technogeek. Makanya, Cat 30 cukup hadir dengan kamera 5 MP dan 2 MP. Prosesornya Snapdragon 210 yang sebenarnya produk lawas Qualcomm. Bahkan memori eksternalnya hanya disiapkan untuk melahap data hingga 64 GB saja.

Tetapi kapasitas baterai tak boleh down spec. Untuk kelas ini, kapasitas sebesar 3.000 mAh terhitung di atas rata-rata. Cat juga memproduksi screen protector yang belakangan diminati oleh produsen kakap macam Apple, Samsung, Sony, Huawei, dll. (*)

PRODUK GRES: CAT 60
Cat 60 yang dirilis Februari lalu dan tersedia di pasar April ini mendobrak dengan layar dan desain yang makin menunjukkan citra ruged-nya Caterpillar. Sebuah layar 4,7 inci buatan Auo Taiwan bernama a-Si AHVA (amorphous Silicon Advanced Hyper-Viewing Angle) digunakan. Auo bilang, produknya ini bakal menggantikan AMOLED karena ketajaman dan lebih meyakinkan untuk menyajikan gambar wide angle.

 Sebuah switch disiapkan untuk melakukan adjustment saat berada di dalam air untuk menyesuaikan dengan kondisi kedalaman air. Mulai 2 meter hingga 5 meter. Tiga uji dilakukan guna memperoleh bukti bahwa seri ini dijamin kuat saat terjatuh, IP test maupun MIL-STD test.

 Smartphone dengan kamera 13 MP dan 5 MP ini juga telah memakai OS Marshmallow. Sementara kapasitas baterainya cukup besar, 3.800 mAh.

No comments:

Post a Comment