Tuesday, April 26, 2016

Tips Dan Cara mudah Mengatasi Masalah Pada BBM Di Android


Ilmu Teknologi Baru  - Ping!!! kita pasti tidak asing bukan dengan hal satu ini, yups, itu adalah fitur pada blackberry messenger, dan sekarang BBM sudah bisa kita gunakan pada android, ya memang itu sudah lama, tetapi kali ini kita tidak akan membicarakan hal itu, kali ini kita akan fokus tentang mengatasi permasalahan pada blackberry messenger android.
Aplikasi BBM sudah sangat banyak yang menggunakan bagi pengguna android, nah tetapi seiring bertambahnya pengguna, permasalahan-permasalahan pada BBM tentu sering terjadi, dan kami sudah mengumpulkan  berapa keluhan yang sering di alami pengguna BBM dan cara mengatasinya, dan berikut adalah cara mudah mengatasi permasalahan pada BBM android.

Mengenai PIN BBM

Banyak yang bertanya tentang pin BBM, kenapa kok PIN saya berubah ketika mengganti hanphone dari blackberry ke smartphone android, nah disni biar kami jelaskan.
Jika kita mengganti BB ID maka PIN akan hilang dan kontak akan hilang, Jika kita mengganti smartphone dengan blackberry ID yang sama maka PIN akan berubah dan Kontak tidak hilang. Dan jika kita menggunakan smartphone berbeda dengan id yang sama, maka pin akan berubah, ini juga berlaku ketika kita mengganti smartphone android kita, misal kita mengganti smartphone sony xperia di ganti menjadi samasung galaxy, maka pin juga akan berubah.
 Permasalahan tidak terkoneksi
Biasanya ini terjadi ketika kita terputus dari koneksi, lalu ketika semuanya kembali normal, bbm tidak berjalan lagi, padahal paket data dan wifi atau wi-fi sudah berjalan normal, tetapi bbm tetap tidak mau terkoneksi, dan statusnya tetap connecting.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi masalah ini, caranya cukup simple, kita cukup melakukan on off air plane mode, lalu lihat apakah bbm terkoneksi kembali.
Dan jika masih belum terkoneksi restart smartphone kita, lalu tunggu sampai bbm terkoneksi kembali.
 Unfortunately bbm has stopped
Biasanya eror seperti ini sering mengganggu kita, selain itu bbm juga biasanya akan terjadi force close, hang. ini biasanya terjadi karena banyaknya data-data pada bbm kita yang tersimpan.

Cara mengatasi

Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah, ya itu dengan cara melakukan clear data dan cache pada aplikasi BBM, setelah itu buka kembali dan masukan kembali BBM id kita.
Error atau eror problem no connection
Biasanya permasalahan ini cukup mengganggu kita, bahkan tidak hanya mengganggu tetapi akhirnya kita jadi tidak bisa menggunakan BBM, permasalahan terjadi ketika kita akan membuka aplikasi bbm, lalu tertulis pesan eror problem no connection.

Cara mengatasi

Permasalahan ini pada dasarnya memang bukan dari aplikasi, tetapi dari provider yang kita gunakan, untuk mengatasi permasalahan ini kita harus melakukan cek pada accses point name atau APN, setelah itu buat APN baru tanpa memasukan proxy, dan cukup portnya saja, biasanya dengan cara ini, eror problem no connection pada bbm bisa diatasi.
 Display Picture atau DP kontak yang hilang
Biasanya ini terjadi ketika kita membuka recent update, atau membuka kontak teman kita, tetapi pada kontak-kontak tersebut kita tidak mendapati atau melihat display picture ( DP ), kita hanya melihat kotak putih seperti orang yang tidak memasang DP.

Cara mengatasi

  • Pertama lakukan Force stop pada aplikasi BBM.
  • Setelah itu coba on off kan air plane mode, setelah itu buka kembali aplikasi BBM.
  • Dan jika masalah ini masih terjadi, coba lakukan clear data dan cache aplikasi BBM, setelah itu buka kembali dan input BB ID kita.
  • Jika masih belum bisa, maka cara yang terakhir, uninstall BBM dan install kembali.
Zenfone tidak bisa mengirim gambar pada BBM
Untuk permasalahan ini, kami sudah pernah menulis cara mengatasinya pada artikel permasalahan yang sering terjadi pada asus zenfone 5 dan cara mengatasinya disni. Silahkan baca pada artikel tersebut pada bagian permasalahan asus zenfone tidak bisa mengirim gambar pada BBM.
 Agar gambar tidak tercrop atau terpotong untuk DP
Sering kita bertanya, bagaimana cara agar ketika kita memasang dp pada bbm foto kita akan terlihat full, dan tidak terpotong menjadi persegi, berikut adalah tips kami agar display picture bbm menjadi penuh dan tidak terpotong.

Cara memasang

Pertama, untuk menjadikan foto kita full jika di gunakan untuk DP bbm, cara pertama ini tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga, caranya adalah masuk ke file manager lalu cari foto yang akan kita jadikan DP setelah itu rename, cara merename foto tersebut, semisal nama foto yang akan kita jadikan DP adalah anaksantai.jpg kita rubah namanya menjadi anaksantai.gif, setelah itu coba pasang foto tersebut menjadi DP kita.
Dan jika cara diatas tidak berhasil, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, cari aplikasi pada playstore bernama profile picture without cropping for BBM, setelah itu kita unduh dan gunakan.
Foto DP bbm pecah
Banyak pengguna yang mengeluh, ketika memasang dp bbm menjadi pecah, dan tidak jernih, nah memang ini adalah fitur dari blackberry agar kita tidak berat ketika menggunakan BBM, jadi ini bukan suatu masalah, ini merupakan fitur blackberry itu sendiri, jadi tidak usah khawatir, lebih baik kita kecilkan resolusi foto kita dahulu sebelum kita jadikan DP, agar tidak pecah.
 DP animasi gif
Mungkin banyak pengguna yang kebingungan, teman-teman pada kontaknya bisa mengganti animasi bergerak pada dp BBMnya, tetapi ketika kita mempunyai animasi gif, kita pasang dan ternyata animasi itu tidak berjalan, nah disni kita harus tahu syarat-syarat agar animasi gif tersebut bisa bergerak pada dp bbm, pertama adalah ukuranya haris dibawah 30 kb, dan yang kedua, gambar tersebut harus bebentuk persegi, dan jika persegi panjang, maka gambar tersebut tidak bisa bergerak ketika kita jadikan DP.
 BBM pending
Permasalahan ini biasanya terjadi ketika kita mengirim pesan, maka pesan kita akan pending, tetapi anehnya internet lancar, dan jika kita membuka youtube atau yang lain, semuanya akan berjalan lancar.

Cara mengatasi

Kemungkinan pertama adalah server BBM yang sedang mengalami gangguan, sebaiknya tanya teman-teman kita dahulu, apakah mengalami problem atau permasalahan yang sama, jika teman-teman kita mengalami hal yang sama saat itu, berarti ini eror pada server BBM itu sendiri.
Kedua, jika teman-teman kita tetap lancar, restart smartphone kita, lalu coba kembali BBM kita.
Ketiga, dan jika masih belum berhasil, cobalah untuk melakukan clear data dan cache pada BBM kita, setelah itu buka kembali aplikasi BBM lalu input id kita kembali.

Aplikasi BBM lag

mungkin ini akan menjadi masalah yang serius, ketika kita menerima pesan, dan kita membuka aplikasi BBM justru aplikasi bbm akan lambat di buka dan lag.

Cara mengatasi

Ini disebabkan karena memori yang penuh pada BBM kita, coba kita end chat teman chat kita yang sudah tidak melakukan chatting.
Dan jika masih terjadi lag, silahkan clear data dan cache aplikasi BBM.
 Tidak ada notifikasi
Biasanya ini terjadi seperti ini, ketika BBM kita tidak digunakan beberapa saat, atau layar sedang mati atau terkunci atau dalam mode lockscreen, kita tidak menerima notifikasi pada BBM, bahkan kita tidak menerima pesan baru, padahal ada orang yang mengerimkan pesan kekita, tetapi ketika kita membuka aplikasi BBM, baru notifikasi pada BBM muncul dan pesan-pesan mulai masuk.

Cara mengatasi

Biasanya ini terjadi karena kita mengatifkan power saving mode, karena dalam power saving mode, aplikasi yang sedang tidak di gunakan otomatis akan dihentikan pada background atau di close, jadi aplikasi tersebut tidak aktif, karena tujuan power saving mode adalah untuk mengehmat baterai, sehingga aplikasi yang tidak digunakan akan di close otomatis, biasanya ini juga terjadi pada aplikasi lain seperti facebook, whatsapp, twitter, line dll, untuk mengaktifkanya, kita bisa melakukan setting pada power saving mode.
Demikian Cara mudah mengatasi masalah pada BBM android, jika teman-teman masih mempunyai permasalahan pada BBM android yang belum bisa diatasi, silahkan komentar pada kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami.

No comments:

Post a Comment