Wednesday, April 20, 2016

Ini Dia Digital Alliance GTX980 Ti JetStream, Tampil Mewah Harga Terjangkau


Ilmu Teknologi Baru - Digital Alliance mengirimkan graphic card ini sedikit terlambat dibandingkan brand-brand lain yang sudah mengirimkan VGA GTX 980 Ti kepada CHIP untuk direview. Namun, melihat bentuk fisiknya dapat membuat takjub. Pertama, tampilan dari VGA ini terkesan gahar dengan cooling ukuran besar.
Sedangkan yang kedua adalah jumlah phase dari VGA ini yang berjumlah lumayan banyak dengan 12 buah phase yang berderet di samping GPU. Dengan jumlah power phase sebanyak itu memastikan pasokan listrik tetap terjaga dengan stabil dalam kondisi full load maupun dalam kondisi ter overclock.  
VGA ini mempunyai dua buah kipas utama yang terhubung dengan 5 buah heatpipe dan sebuah heatsink dengan tingkat ketebalan yang akan memakan dua buah slot PCI Express ketika dipasang ke dalam Motherboard. Kipasnya berbahan plastik transparan sehingga agak berkilau ketika tertimpa cahaya sedangkan bahan pelindung heatsink kipas menggunakan bahan aluminium serta plastik berwarna hitam. Desain dari VGA ini yang terkesan mewah dengan harga lebih terjangkau.

Performa dari VGA ini dari default pun sudah sangat mumpuni, namun ketika diuji performa dari VGA ini dapat bersaing dengan VGA brand-brand kompetitor ternama yang telah CHIP uji sebelumnya. Bahkan ketika diuji dengan metode overclocking untuk mencoba meningkatkan hanya 100MHz core clock serta meningkatkan 100 MHz dari memory clocknya saja didapatkan skor 3D Mark Firestrike sebesar 16249 dengan suhu maksimal di kisaran 73 derajat celcius.

Kompensasi untuk performa sedemikian bengis harus dikompensasikan dengan sedotan daya listrik yang lumayan besar. Tercatat VGA ini membutuhkan daya puncak sebesar 349 watt. Sehingga akan lebih aman jika pengguna menggunakan PSU dengan total daya 650 watt pure ke atas. 

Sebagai bonus Digital Alliance memberikan sebuah serial number dari game Metar Gear Solid V : The Phantom Pain. Dengan harga kurang dari 10 juta Rupiah, VGA ini lebih murah dibandingkan dengan brand yang lain. Namun, performanya pun sanggup bersaing dengan VGA GTX 980Ti dari brand-brand besar yang telah CHIP review sebelumnya.

Benchmark :

3D Mark Fire Strike 1920x1080: 15740
Metro Last Light 1920x1080 :61.33 fps
Company of Heroes 1920x1080 :37.56 fps
Hitman: Absolution 1920x1080 : 102.53 fps

No comments:

Post a Comment