Tuesday, April 26, 2016

Silverstone Tundra TD02-E, Berisik Namun Memiliki Performa Terbaik


Ilmu Teknologi Baru - Produk ini menggunakan dua buah kipas berukuran masing-masing berukuran 12cm, dengan sebuah radiator. Watercooling dari produsen Silverstone ini mempunyai desain agak berbeda jika dibandingkan produk sejenis yang beredar di pasaran. Di mana dimensi waterblock yang digunakan lebih kecil dan ramping serta lebih tipis. Sehingga pemasangan pun lebih mudah tanpa khawatir jika menyenggol komponen yang lain. Terutama RAM ataupun pendingin VRM yang kadang memakan tempat atau posisinya berdekatan.

Di pinggiran radiator terdapat plastik yang berguna menghindari lecet karena benturan dan bahkan melindungi dari penyok ketika dalam pemasangan. Terdapat sebuah bantalan karet di lubang pemasangan mur pengencang kipas untuk mengurangi getaran dari kipas. CHIP mencoba menguji dengan menggunakan sebuah prosesor Intel Core i7 6700K yang menggunakan soket 1151 pada kondisi default. Pemasangan agak rumit sehingga disarankan untuk pengguna untuk membaca secara seksama manualnya terlebih dahulu. Yang CHIP suka adalah desain mounting plat belakang yang multi platform sehingga pemasangan pun lebih mudah dan simple.

Ketika diuji pada suhu ruangan 24 derajat celcius, suhu idle yang dicapai adalah 23 derajat celcius atau lebih rendah dari suhu ruangan.  Sedangkan ketika diuji dengan menggunakan software Intel Burn Test pada preset stress level maximum, suhu maksimum yang tercatat adalah 74 derajat celcius dengan putaran kipas radiator maksimum di angka 2481 RPM. Sedangkan pada saat idle, putaran kipas berada di kecepatan sekitar 1500 RPM.

Pada putaran kipas tersebut, terdapat bunyi dari kipas yang sedikit bising dan mengganggu. Akan lebih baik jika Silverstone menyediakan software pengaturan putaran kipas tersebut sehingga pengguna pun akan lebih nyaman dan fleksibel dalam penggunaannya. Hanya saja perlu diakui bahwa performa dari watercooling ini sangat mumpuni. Cocok untuk hardcore gamer ataupun overclocker yang mengejar performa namun tidak mementingkan suara bising untuk menjadikan Silverston Tundra TD02-E ini sebagai pilihan.


Editor : Kama Adritya

Kelebihan
Garansi 5 tahun
Kekurangan
Lumayan berisik
Spesifikasi
PRODUSEN         : Silverstone
INFO                      : www.silverstonetek.com
HARGA                 : Rp. 1.470.000
DISTRIBUTOR     : Techno Solution
TELEPON              : +62 21 6230438.
DATA TEKNIS
Socket: Intel Socket LGA775/1150/1155/1156/1366/2011/2011-v3, AMD Socket AM2/AM3/FM1/FM2
Tube: 31cm
Material Tube: Karet
Kipas Radiator: 2x
Airflow kipas: 92.5CFM
Pompa: 2500RPM max

No comments:

Post a Comment