Tuesday, April 26, 2016

MSI Z170A XPower Gaming TE, Dengan Sensasi Baru


Ilmu Teknologi Baru - Seri XPower pada generasi sebelumnya selalu identik dengan motherboard untuk para gamer dan overclocker. Namun, sejak kehadiran  Intel Skylake, seri XPower sekarang melebur menjadi satu dengan seri Gaming. Sangat menarik, karena motherboard gaming namun mempunyai feature dan performa untuki para overclocker.

Gebrakan baru MSI di dunia motherboard dimulai dengan menghadirkan Titanium series dengan tampilan yang berbeda dengan pendahulunya.  Warna motherboard ini kental dengan warna silver yang menutupi seluruh permukaan motherboard.

Jika melihat dari website resmi MSI, sebenarnya MSI menaruh motherboard ini ke dalam liniEnthusiast Gaming. Sehingga mengejutkan ketika memeriksa paket penjualan ditemukan sebuah OC dashboard yang dapat dilepas. Fungsi OC Dashboard sejatinya biasa hadir dalam motherboard MSI overclocking series. Terdapat juga konektor probe untuk sensor suhu sehingga lebih mudah dalam pengukuran suhu serta voltase.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan pada segi penamaan karena di seri sebelumnya, penamaan Xpower biasanya hanya diberikan pada motherboard seri overclocking saja. Feature tambahan yang juga terlihat berguna adalah LAN protect untuk menjaga motherboard dari kerusakan akibat sambaran petir maupun korsleting.

Pada saat pengujian, motherboard ini terlihat sangat eye catching dengan warna LED merah pada bagian port LAN. Hal tersebut akan membantu pengguna saat memasang kabel LAN.

Motherboard ini juga memiliki sebuah kekurangan, di mana hanya menggunakan USB 3.1 type A saja tanpa menyertakan USB 3.1 type C yang akan banyak digunakan di masa depan karena desainnya yang fleksibel.

Performa dari motherboard ini patut diacungi jempol, di mana performa tersebut dapat mencapai clock 4.8GHz serta memory clock 3000MHz dengan stabil. Bahkan tampaknya motherboard ini mampu boot dengan 5GhZ. Hanya saja untuk mencapainya akan membutuhkan pendingin yang lebih advanced atau dalam hal ini watercooling.

Pada kondisi ter-overclock skor yang didapatkan pada pengujian 3D Mark Firestrike adalah 9353 atau naik sekitar 500 poin dibandingkan kondisi default. Satu hal yang menarik lagi adalah bahwa MSI ternyata menggunakan 2 buah M.2 port yang dapat dikonfigurasikan dalam sistem Raid. Jadi untuk para gamer yang haus akan kecepatan, dapat memanfaatkan port M.2 tersebut untuk hasil maksimal.
BENCHMARK:
WinRAR: 40.69 detik
Media Espresso :  31 detik
Cinebench R15 :  919
3DMark Cloud Gate : 9353
 



Editor : Kama Adritya

Kelebihan
+ Performa Memuaskan

Kekurangan
- USB 3.1 Type C
Spesifikasi

SPESIFIKASI
Produsen: MSI
Info: www.msi.com
Harga: Rp 5.600.000
Distributor: PT. Alfa Artha Andaya
Telepon: 021- 62200000
DATA TEKNIS
Form factor: ATX
CPU: Intel Socket 1151
Chipset: Intel Z170
Memory: Dual Channel DDR4 3600MHz (OC)
SATA3 / SATA2: 8  / 0
Sata Express: 2
M.2: 2
USB 3.1 Type A / Type C: 2/0
USB 3.0 / USB 2.0 : 3 /2
Multi GPU Support: Quad AMD Crossfire, Quad  NVIDIA SLI
Onboard Graphic: Intel HD
Video Output: HDMI, DisplayPort,
Special Feature: OC Dashboard, Nahimic, 

KELENGKAPAN PENJUALAN
SLI connectors, , I/O shield, 6 SATA cables, driver and utility CD, multilingual install guidebook and the user’s manual. CPU installation tool, SATA cable labels, Door Hanger, Poster, V Check Point, USB

No comments:

Post a Comment