Tuesday, May 10, 2016

Tips Dan Cara Agar Trafik Pengunjung Blog Stabil atau Bahkan Naik Meski Jarang Posting Artikel

Ilmu Teknologi Baru - Posting di blog secara rutin dan konsisten adalah salah satu kendala yang sering dihadapi seorang blogger.
Nggak peduli blogger baru atau lama pasti sering mengalami rasa malas, nggak punya ide, nggak punya inspirasi atau nggak semangat untuk menulis postingan di blognya.
Apalagi bagi blogger yang memang nggak punya latar belakang hobi menulis seperti saya, setiap hari rasanya kepengin berhenti ngeblog saja.
Memang sudah bukan rahasia lagi kalau semakin rajin posting biasanya pengunjung blog juga akan semakin meningkat. Tapi meskipun begitu bukan berarti rajin posting menjadi satu-satunya cara untuk meningkatkan pengunjung blog.
Sobat tetap bisa meningkatkan pengunjung blog atau setidaknya membuat trafik pengunjung blog stabil meskipun jarang posting di blog.
Blog Sugeng.ID ini adalah contoh sederhana sebuah blog yang jarang posting tapi hampir nggak pernah mengalami penurunan trafik pengunjung, bahkan setiap bulannya selalu mengalami peningkatan.
Apa rahasianya?
Langsung disimak aja di bawah ini.

Buat Evergreen Content

Beberapa dari sobat mungkin baru mendengar istilah Evergreen Content. Maksud dari Evergreen Content di sini adalah sebuah konten (konten = postingan) yang tetap relavan meskipun dibaca kapan aja, atau bahasa gampangnya konten yang nggak gampang basi.
Hampir sebagian besar postingan di blog ini adalah Evergreen Content yang tentunya menjadi alasan kenapa trafik blog ini stabil bahkan naik meskipun nggak pernah posting selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan.
Berikut ini adalah beberapa contoh artikel yang bisa disebut sebagai Evergreen Content:
1. Artikel Panduan atau Tutorial
Artikel panduan atau tutorial adalah sebuah artikel yang mengajarkan langkah demi langkah untuk melakukan suatu hal.
2. Artikel Definisi
Di blog ini bisa dibilang belum ada artikel jenis ini, tapi kedepannya saya ingin mengisi lebih banyak blog ini dengan artikel definisi.
Artikel definisi di sini maksudnya adalah sebuah artikel yang menjelaskan arti, maksud atau konsep dari suatu hal.
Contohnya topik blog ini adalah tentang blogging, maka saya bisa menulis artikel tentang “Apa itu Blog?
Mungkin sobat bertanya-tanya, Artikel definisi kan sudah ada lengkap diWikipedia, ngapain bikin artikel model begini?
Memang sebagian besar artikel definisi bisa ditemukan di Wikipedia, tapi akan lebih cerdas jika kita bisa menjelaskan suatu hal dengan gaya bahasa sendiri.
Soalnya kebanyakan orang malas baca Wikipedia karena gaya bahasa yang digunakan nggak enak dibaca dan susah dipahami.
3. Artikel Daftar
Ini adalah jenis artikel favorit saya, yaitu artikel daftar. Artikel daftar adalah artikel yang menampilkan daftar dari suatu hal. Artikel jenis ini biasanya terdapat angka pada judulnya
4. Dan lain-lainnya…
Masih banyak lagi jenis artikel lainnya yang bisa menjadi sebuah Evergreen Content.
Hal penting yang perlu diingat ketika ingin membuat Evergreen Content adalah memastikan jika konten yang kita buat banyak yang mencarinya.
Percuma kalau kita bikin postingan yang nggak gampang basi tapi nggak ada peminatnya.

Perbarui konten yang sudah ada

Banyak blogger yang menganggap untuk meng-update blog kita harus mempublikasikan postingan baru, padahal untuk meng-update blog bisa juga dengan memperbarui postingan yang sudah ada.
Jadi ketika sedang nggak punya ide kita bisa menggunakan waktu yang kita miliki untuk memperbarui postingan yang sudah ada. Misalnya memperbaiki salah ketik, membuatnya lebih lengkap, atau memperbarui informasi di dalamnya.
Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kita secara konsisten memperbarui postingan-postingan di blog kita:
  • Membuat postingan menjadi lebih berkualitas dari waktu ke waktu
  • Mendapat ranking yang bagus di Google karena Google suka artikel yang berkualitas dan juga up-to-date.
  • Tentunya jika sudah mendapat ranking yang bagus akan berefek ke trafik pengunjung yang meningkat.

Tingkatkan Promosi Blog

Yang terakhir menurut saya paling penting tapi banyak blogger yang tidak terlalu mementingkannya, yaitu promosi blog.
Ngeblog bukan cuma soal seberapa rajin posting artikel di blog, tapi juga soal seberapa giat dalam mempromosikan blog.
Jika di blog kita sudah diisi konten yang nggak gampang basi, maka selanjutnya kita harus mempromosikan konten tersebut supaya semakin banyak yang baca.
Ketimbang menghabiskan waktu untuk membuat postingan baru lebih baik waktunya dipakai untuk mempromosikan konten yang sudah ada. Menurut saya cara tersebut jauh lebih efektif.

Kesimpulan…

Kesimpulannya sudah jelas, sobat nggak perlu posting artikel secara membabi buta supaya pengunjung blog semakin meningkat. Tapi meskipun begitu bukan berarti setelah baca postingan ini sobat bisa langsung bermalas-malasan untuk posting artikel di blog.
Jika memang sanggup untuk posting artikel secara rajin maka akan lebih bagus, tapi jika merasa nggak sanggup (untuk alasan yang masuk akal) maka lebih baik jangan dipaksakan. Gunakan cara-cara yang sudah saya tulis di atas.

No comments:

Post a Comment