Friday, May 6, 2016

Tips Dan Cara Agar Blog Anda Mudah Diterima Oleh Google News


Ilmu Teknologi Baru - Google News merupakan sumber trafik berlimpah untuk banyak situs sejak diluncurkan pertama kali oleh Google. Pada Google News ini, hanya situs berkualitas lah yang dapat masuk dan ditampilkan hasil pencariannya. Banyak blogger yang berusaha agar situs atau blog mereka diterima oleh Google News ini, karena akan memberikan sumber trafik yang besar untuk situs mereka.

Jika Anda ingin mencoba agar blog atau situs Anda diterima oleh Google News, Anda perlu mengikuti beberapa langkah dan proses agar blog atau situs Anda diterima oleh Google News. Hal ini memang tidaklah mudah, tetapi jika Anda mengikuti langkah nya dengan benar, maka akan ada kemungkinan situs atau blog Anda akan diterima Google News dan menjadi sumber berita.

Langkah Agar Blog Diterima Google News

Penampilan Blog Anda

Tema blog memainkan peran kunci yang penting agar Anda disetujui oleh Google News. Blog Anda harus menampilkan gaya tema berita yang mudah di navigasi oleh pengunjung, dan memiliki topik yang sesuai untuk berita, seperti Politik, Pendidikan, Hiburan, Teknologi, dll. Tema Anda harus terlihat seperti sebuah situs berita, dan Anda dapat mencari tema diluar sana yang sesuai untuk blog Anda, mulai dari yang gratis sampai berbayar.
Blog Anda Harus Memiliki Informasi yang Diperlukan
Blog Anda haruslah memiliki halaman informasi seperti Tentang Kami, Hubungi Kami, Panduan Layanan, Disclaimer, dan juga Halaman Penulis. Halaman-halaman penting tersebut perlu untuk Anda buat terlebih dahulu sebelum didaftarkan ke Google News.

Blog Harus Memiliki Beberapa Penulis

Ya, situs berita tidak bisa dikelola hanya oleh satu orang saja, karena banyak konten yang perlu untuk di update setiap waktunya. Jadi, Anda perlu memiliki beberapa penulis yang ahli dengan beberapa topik yang ada pada blog Anda. Ini akan membuat blog Anda selalu update.

Jangan Memposting Tentang Tutorial dan Info Lowongan Pekerjaan

Ini dapat menjadi kesalahan terbesar Anda, jika Anda memposting tentang tutorial dan info lowongan pekerjaan, karena ini tidak sesuai dengan Google News TOS. Jika blog Anda memiliki posting tersebut, lebih baik untuk dihapus terlebih dahulu sebelum mendaftar pada Google News. Dan jika sudah diterima Anda dapat mempostingnya kembali.

Biografi Penulis Pada Posting Mereka

Menambahkan nama penulis merupakan suatu keharusan, tapi ini juga dapat menjadi opsional. Namun dengan menambahkan bio penulis pada setiap halaman posting, ini akan meningkatkan kemungkinan agar diterima oleh Google News.

Membagi Konten Kedalam Beberapa Kategori

Setiap situs berita memiliki beberapa kategori sehingga konten mereka akan terbari berdasarkan kategori tersebut, dan Google News pun akan meminta Anda untuk membagikan konten blog Anda sesuai dengan kategorinya.

Harus Selalu Update Setiap Waktu

Umumnya beberapa orang mengatakan, sebuah situs akan diterima oleh Google News jika update 3 artikel setiap harinya. Tapi percayalah, itu tidak cukup memadai. Anda perlu untuk mengupdate minimal 10 artikel rutin setiap harinya, sebelum blog Anda didaftarkan pada Google News.

Tata Bahasa Memainkan Peran Kunci

Situs Anda akan ditinjau oleh seseorang dari tim Google News. Mereka inilah yang akan memverifikasi situs Anda dan mereka juga akan membaca beberapa artikel dalam blog Anda. Walaupun blog Anda telah memenuhi syarat-syarat diatas, tapi jika tidak memiliki tata bahasa yang baik, jangan harap untuk bisa diterima oleh Google News.

Google News Sitemap dan News Keyword Tag

Google News sitemap akan sedikit berbeda dengan sitemap pada umumnya yang ada pada blog-blog lainnya. Sebuah sitemap Google News hanya akan mengindeks maksimal 1000 url pada suatu waktu.
Anda juga perlu untuk menambahkan news_keyword tag, ini merupakan hal yang opsional, tapi juga mempengaruhi keputusan dari pihak Google News.
Untuk kedua hal tersebut, jika Anda menggunakan CMS WordPress, Anda dapat menginstal plugin Yoast SEO News Plugin, tapi plugin ini merupakan plugin berbayar. Dan untuk versi gratis Anda dapat menggunakan Google News XML Plugin untuk sitemap dan Google News Keywords from Tags Plugin untuk tag news_keyword.
Jika Anda menjalankan langkah-langkah diatas dengan benar, maka mungkin blog Anda akan lebih mudah diterima oleh Google News, dan perlu waktu yang lama agar blog Anda diterima oleh Google News.
Tapi, kadang juga meskipun telah mengikuti langkah diatas dengan benar, namun aplikasi Anda ditolak oleh Google News untuk beberapa alasan yang tidak diketahui. Disini Anda dapat membeli domain yang telah terdaftar di Google News dari beberapa broker seperti Flippa dengan harga yang cukup tinggi mulai $500 sampai $5000.

No comments:

Post a Comment