Friday, May 6, 2016

Ini Dia Tips Dan Cara Membuat Blog Super Cepat


Ilmu Teknologi Baru - Kecepatan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah blog. Jika blog Anda sedikit lambat, mungkin akan banyak pengunjung yang urung untuk membaca blog Anda. Apalagi jika Anda juga menjual sesuatu pada blog Anda, penjualan akan semakin sedikit dan terus berkurang. Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk mempercepat blog Anda dan berguna untuk mengurangi tingkat bouncing yang tinggi. Berikut cara membuat blog super cepat :

Gunakan Desain Mobile Friendly

Saat ini banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobilenya, jika blog Anda lambat maka Anda dapat kehilangan sekitar 51 persen pengunjung. Ini mengakibatkan penjualan pada blog Anda berkurang. Dan juga pendapatan iklan Anda semakin sedikit. Sekitar 40 persen pembeli akan meninggalkan situs yang dimuat lebih dari 10 detik pada komputer mereka.
Maka dari itu, manfaatkan desain yang mobile friendly dengan beban yang ringan dan mudah dinavigasi dari smartphone atau tablet, ini akan meningkatkan rasio konversi blog Anda. Jadi cobalah untuk menggunakan thema yang mobile friendly.

Gunakan Desain yang Minimalis

Ketika sebuah blog menggunakan desain yang minimalis, biasanya akan memiliki sedikit gambar, banyak space yang kosong, dan warna juga font yang eye catching. Bahkan desain dengan warna hitam dan putih dapat menjadi sebuah hal yang menakjubkan bila Anda dapat menyatukannya dengan benar, dan hal ini dapat membuat blog menjadi super cepat.

Gunakan CDN

cloudflare
CDN memiliki sebuah tujuan utama yaitu untuk mengurangi jeda waktu. Selain itu, menggunakan CDN akan mengurangi konsumsi bandwith pada hosting Anda. CDN akan mencache konten, termasuk gambar, video, file HTML, stylesheet, dan skrip untuk didistribusikan dari server diseluruh dunia.

CDN juga akan memberikan fitur seperti kompresi gambar, minification file kode, dan auto gzipping. Selain itu juga CDN akan menawarkan tambahan keamanan, termasuk enkripsi auto-SSL, Spam, firewall, dan perlindungan DDoS.
Salah satu CDN gratis yang dapat Anda gunakan adalah CloudFlare

Pilih Hosting Terbaik

Pilihlah hosting yang memberikan waktu loading yang lebih cepat, unlimited bandwith dan ruang penyimpanan yang besar. Carilah hosting yang menjanjikan garansi uptime 99.9% dan lokasi server yang berada dekat dengan pengunjung blog Anda. Contohnya, jika blog Anda fokus pada pengunjung kawasan Asia Tenggara, maka Anda dapat menggunakan hosting yang memiliki server di Singapura.

Jangan Gunakan Flash

Animasi flash dan grafis mungkin akan nampa indah, tapi semua itu malah dapat membuat blog Anda menjadi lambat dan berat untuk di load. Selain itu, flash juga tidak dapat dibaca dengan baik oleh mesin pencari seperti Google, dan dapat menurunkan peringkat blog di mesin pencari.

Kompersi Gambar dengan Maksimal

Kompresi gambar merupakan metode yang populer untuk mempercepat blog, tetapi jika dilakukan dengan tidak benar, Anda malah akan mendapatkan gambar yang buram dan tidak bagus. Carilah file yang baik untuk digunakan pada blog Anda, contohnya menggunakan file JPEG yang ideal untuk foto, sementara PNG sangat baik untuk elemen situs yang transparan. Untuk Anda pengguna CMS WordPress, Anda dapat menginstall WP SmushIt untuk mengkompresi gambar pada blog Anda.

Matikan Autoplay Musik dan Video

Musik dan video yang autoplay memang terlihat keren ketika digunakan pada blog, tapi ini juga dapat memperlambat kecepatan load blog Anda. Belum lagi ada banyak pengguna yang tidak suka hal ini, karena dapat menghabiskan kuota internet mereka. Hindari hal ini, dengan tidak menggunakan autoplay musik dan video.

Caching Browser

Caching browser adalah salah satu cara yang lebih cepat dan murah untuk memberikan pengunjung Anda konten yang cepat. Bahkan Google pun merekomendasikan hal ini untuk digunakan pada situs. Ini dapat membantu mempercepat pengunjung yang sering mengunjungi blog Anda secara teratur. Daripada harus menghubungkannya dengan server setiap kali berkunjung, maka lebih baik menggunakan veri cache yang dapat ditampilkan untuk periode yang dapat Anda tentukan.

Optimalkan CSS

Cascading Style Sheets atau lebih dikenal dengan CSS, merupakan metode yang lebih baik untuk merancang tampilan dan aliran pada blog Anda. Tidak mengandalkan HTML dan gambar sendiri, tapi Anda dapat menentukan format dan gaya melalui CSS untuk merampingkan waktu loading. Stylesheet sering di cache oleh browser dan CDN juga mampu untuk men-cache CSS untuk meningkatkan waktu loading menjadi lebih cepat.
Cara membuat blog menjadi super cepat ini dapat Anda gunakan pada blog pribadi atau bahkan pada blog bisnis Anda, karena ini dapat secara dramatis mengurangi waktu loading blog Anda, sehingga menjadi lebih super cepat dan mmbuat pengunjung lebih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment